SQL Dump Splitter Software Pembagi MySQL


Biasanya seiring berjalan dengan waktu ukuran database MySQL bisa membengkak sampai dengan ukuran yang cukup besar. Masalah yang sering dialami akibat pembengkakan database ini umumnya adalah proses query yang melambat. Namun bukan hal itu yang akan kita bahas kali ini. Yang akan kita bahas kali ini adalah bagaimana membagi/split sebuah file MySQL menjadi beberapa bagian kecil.
Kalau kita sering pindah atau gonta ganti hosting biasanya pemindahan database adalah masalah. Terutama jika ukuran database melebihi batas maksimum ukuran yang diperbolehkan pada settingan server yang tidak bisa kita rubah. Misalnya ukuran database kita adalah 400MB kemudian kita hanya diperbolehkan mengimport maksimal 50MB per-session. Cara yang kuno alias kino sebenarnya ada, yaitu dengan mengekspor tabel per tabel menjadi beberapa bagian kecil kemudian kita import kedalam database. Tetapi ini akan menjadi masalah jika sebuah tabel ternyata ukurannya lebih besar dari ukuran maksimal yang diperbolehkan.
Solusinya adalah menggunakan MySQL Splitter. Tools sederhana ini ternyata cukup berguna. MySQL Splitter akan membagi database MySQL kita yang ukurannya sangat besar, kita bisa menentukan berapakah ukuran maksimal per-split data yang kita perlukan. Misalnya ukuran database saya 400MB kemudian hosting saya hanya memperbolehkan 50MB maksimal per-session maka saya akan membagi ukuran 400MB itu menjadi ukuran 50MB dengan total 8 file.

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengeksport database kedalam format sql. Setelah itu download SQLDUMPSPLITTER.exe kemudian kita pilih file sql yang tadi kita backup, kemudian kita tentukan berapakah ukuran maksimal per-splitter data, kemudian kita tentukan target directory. Setelah itu tekan tombol execute tunggu sampai proses selesai.
Setelah proses splitter selesai kita akan menemukan file yang sudah terbagi didalam target directory. Selanjutnya adalah mengimport data ini kedalam sql server kita. File yang pertama harus diupload adalah file dengan nama _DataStructure. Setelah itu baru kita mulai import file lainya berdasarkan nomor urutnya. Biasanya setelah proses splitter ini ukuran database kita akan menjadi lebih besar tetapi bisa diperbaiki dengan tool pada MySQL yaitu repair dan optimize.

Related Posts:

0 Response to "SQL Dump Splitter Software Pembagi MySQL"

Posting Komentar